TIM CREATOR

TEAM CREATOR : NANDANG RAHMAN - WAWAN SETIAWAN - HARUN ARRASYID - YENI PRABANDARI - ADE INDRIATI

Rabu, 26 Desember 2012

Komponen Jaringan Ikat



Komponen jaringan ikat terdiri atas sel,serabut, dan zat dasar :
1.    Sel , berasal dari sel mesenkim
Macam sel penyusun jaringan ikat ,yaitu :
a.    Fibroblas adalah sel yang mengekskresikan protein pada serabut
b.  Makrofag, adalah sel yang bentuknya tidak beraturan ,umumnya terletak dekat pembuluh darah dan bergerak jika terjadi luka. Sel ini dapat bergerak secara ameboid dan aktif memakan sel darah merah yang rusak dan asing.
c. Sel Mast adalah yang memproduksi heparin yang berfungsi mencegah pembekuan darah dan histamin yang dapat menyebabkan permeabilitas kapiler darah.
d.   Sel lemak adalah sel yang terspesialisasi untuk menyimpan lemak
e.    Leukosit adalah sel darah putih
   
2. Serabut
    Berdasarkan bentuk reaksi kimianya dibedakan menjadi :
a.  Serabut kolagen(serabut putih), serabut kolagen berwarna putih dan bentuknya berupa berkas- berkas yang beraneka ragam . Sifat serat kolagen adalah mempunyai daya regang yang sangat tinggi dengan aktivitas yang rendah , misalnya tendon
b.  Serabut elastis berwarna kuning dan lebih tipis dari pada serabut kolagen.Sifat elastisitasnya tinggi . Semakin bertambah usia seseorang daya aktivitas serabut elastis semakin menurun ,misalnya pada pembuluh dan ligamen serta bantalan lemak.
c.    Serabut retikulum
     Serabut retikulum merupakan serabut halus dan bercabang yang membentuk jala. Fungsinya 
     menghubungkan jaringan ikat dengan jaringan lain,misalnya pada sistem saraf
3.  Zat dasar(matriks)
Bahan dasar penyusun matriks adalah mokopolisakarida sulfat dan asam hialuronat yang homogen setengah cair. Jika kandungan asam hialuronat tinggi sifat matrik lentur, tetapi jika kandungan mokopolisakarida sulfat tinggi ,sifat matrik menjadi kaku. Zat dasar berperan untuk mengisi ruang antar sel(matrik) dan serabut dari jaringan ikat.